Text
Psikologi Konseling: Sebuah Pengantar bagi Konselor Pendidikan
Psikologi konseling menjelaskan tentang konsep dasar psikologi konseling, konsep masalah individu, konsep hubungan dalam konseling, pemahaman terhadap pribadi klien, pemahaman terhadap konselor yang efektif, hambatan atau kesulitan dalam proses konseling, pendekatan dan keterampilan-keterampilan yang mendasar dalam konseling, penelitian dalam konseling, serta nilai, keyakinan, dan etika dalam konseling. Semoga kehadiran buku sederhana ini dapat bermanfaat dan memperkaya khazanah keilmuan di bidang konseling, khususnya pada latar pendidikan di Indonesia. Konseling merupakan suatu hubungan yang bersifat membantu, yaitu adanya interaksi antara konselor dan konseli dalam suatu kondisi yang membuat konseli terbantu dalam mencapai perubahan dan belajar membuat keputusan sendiri serta bertanggung jawab atas keputusan yang ia ambil. Konseling sebagai cabang ilmu dan praktik pemberian kepada individu pada dasarnya memiliki pengertian spesifik sejalan dengan konsep yang dikembangkan dalam lingkup ilmu dan profesinya. Di antara berbagai ilmu yang memiliki kedekatan hubungan dengan konseling adalah psikologi, bahkan secara khusus dapat dikatakan konseling merupakan ilmu terapan dari psikologi. Hal ini dapat dilihat terutama pada tujuan, teori yang digunakan dan proses penyelenggaraannya. Dewasa ini, paradigma konseling tidak lagi dilihat sebagai upaya untuk membantu individu yang mengalami hambatan dalam rentang perkembangan hidupnya, namun lebih pada proses pemberdayaan (empowerment) individu sesuai potensi yang ia miliki. Dengan demikian, perlu untuk memahami lebih jauh mengenai aspek-aspek psikis yang terlibat dalam proses konseling.
Catatan Bibliografi : halaman 203
FG007389 | 371.4 MUL p | 300 (Rak 03) | Tersedia |
FG007582 | 371.4 MUL p | 300 (Rak 03) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain