Bibliografi : hlm. 171
Buku ini menjelaskan bagaimana proses pembelajaran dan pemecahan masalah matematika SD. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam kurikulum 2013. siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. guru dapat mempe…
Bagian pertama buku ini menguraikan peran penting kemampuan berfikir kritis dan berfikir berfikir kreatif sebagai tujuan pendidikan. Bagian kedua membahasa pemecahan dan pengajuan masalah sebagai suatu aktivitas pembelajaran. Bagian berikutnya membahas model pembelajaran berbasis pengajuan dan pemecahan masalah matematika yang disingkat JUCAMA dengan disertasi contoh dan penilaiannya.
Buku ini menyajika suatu upaya untuk mengenalkan matematika sekolah dasar dengan pendekatan baru, yang penulis sebut sebagai pendekatan realistik reflektif. Dengan pendekatan realistik reflektif penulis berusaha untuk mengkaji berbagai macam pendekatan dan metode matematika SD dalam perspektif pembelajaran matematika inovatif